PAN Dorong Ruhut Minta Maaf soal Meme Anies Berbaju Adat Suku Dani

Jakarta – Politikus PDIP Ruhut Sitompul menuai sorotan usai mengunggah meme Gubernur DKI Anies Baswedan dengan memakai pakaian adat Suku Dani di media sosialnya. Jubir Muda PAN Dimas Prakoso Akbar mendorong Ruhut meminta maaf.
Dimas menyinggung tapak tilas Ruhut yang sudah punya segudang pengalaman di dunia politik. Menurut Dimas, Ruhut semestinya mampu menjadi teladan dalam kecerdasan demokrasi.
“Bang Ruhut kan sudah sering loncat sana-sini pindah partai, sudah pernah jadi anggota DPR. Dengan pengalaman segudang di kancah politik seharusnya beliau bisa memberi teladan bagi generasi khususnya dalam mencerdaskan demokrasi,” kata Dimas kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).
Dimas kemudian mengibaratkan Ruhut bak lansia yang baru memahami gadget yang sangat bersemangat bermain media sosial.

“Namun yang terjadi saat ini Bang Ruhut seperti lansia baru pegang gadget. Begitu semangat bermain media sosial tetapi lupa akan etika dan kepatutan,” ujarnya.

Dimas lantas mendesak Ruhut meminta maaf kepada publik, rakyat Papua, dan Anies Baswedan atas perbuatannya itu. Dimas juga meminta Ruhut menghapus unggahannya di media sosial.

“Saya mewakili generasi muda mendesak Bang Ruhut meminta maaf kepada publik, kepada rakyat Papua, kepada Gubernur DKI Anies Baswedan serta menghapus postingannya di media sosial,” katanya.
“Demokrasi memang mengindahkan kebebasan berpendapat namun tetap dalam koridor hukum dan etika yang berlaku. Apalagi seorang politisi senior seharusnya menjadi teladan kecerdasan demokrasi bagi generasi muda,” imbuh dia.
Diberitakan sebelumnya, Ruhut dilaporkan ke polisi atas tuduhan rasis. Ruhut dituduh telah melanggar UU ITE lantaran mengunggah meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai baju adat suku Dani, Papua.

Adalah Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega yang melaporkan Ruhut Sitompul ke Polda Metro Jaya pada Rabu (11/5/2022). Ruhut Sitompul dinilai telah menimbulkan kebencian antar-suku, ras, dan golongan karena postingannya itu.
Dilihat detikcom di akun Twitter @ruhutsitompul, memang Ruhut Sitompul memposting meme Anies Baswedan dengan pakaian adat suku Dani. Ruhut Sitompul mengunggah meme Anies itu pada Rabu (11/5) dan di-retweet 70 kali.

“Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh,” demikian cuitan Ruhut pada unggahan meme tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan membenarkan adanya pelaporan atas Ruhut Sitompul. Polisi kini tengah mempelajari laporan tersebut.
“Pelapor selaku pemuda Papua, melaporkan akun @ruhutsitompul ke Polda Metro Jaya, laporannya masih diteliti,” ujar Zulpan saat dihubungi, Kamis (12/5).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.