KBRI Tokyo Minta WNI Komunikatif Soal Covid-19

TOKYO Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyampaikan pesan khusus untuk seluruh warga negara Indonesia (WNI) di negeri Sakura di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Heri disela halal bihalal Idul Fitri 1442 Hijriah virtual yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Minggu (16/5).

“Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Ini adalah lebaran kedua dalam kondisi pandemi Covid-19. Saya tahu kita rindu pulang kampung. Tetapi karena kondisi begini kita tahan dulu untuk mudik, dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Heri.

Pasa kesempatan itu, Heri juya mengimbau WNI agar tetap menjalin komunikasi dengan KBRI Tokyo. Khususnya, jika membutuhkan bantuan apapun selama pandemi.

“KBRI Tokyo selalu siap membantu WNI yang terinfeksi Covid-19 atau terdampak,” imbau Heri.

Suparman, perwakilan WNI dari Mikronesia menyampaikan kabar terkini selama pandemi di daerah domisilinya. Kepada Dubes Heri Akhmadi, Suparman memastikan seluruh WNI dalam kondisi sehat.

“Disini masih lockdown. Dari tahun kemarin semua WNI di Mikronesia sehat semua,” ungkap Suparman.

Lebih dari 300 WNI ikut dalam acara virtual Idul Fitri ini. Baik melalui zoom maupun YouTube KBRI Tokyo. Acara dikemas secara santai dan interaktif, mencakup wilayah Hokkaido, Nagasaki, Kyoto, Shikoku, Miyagi, dan sebagainya.

Hadir juga perwakilan organisasi masyarakat di Wisma Duta Tokyo. Antara lain, Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCINU), Pengurus Cabang Istimewa Muhamadiyah (PCIM), Keluarga Masyarakat Hindu Indonesia (KMHI), Keluarga Masyarakat Katolik Indonesia (KMKI), Komunitas Budha di Jepang, Indonesian Community in Japan (ICJ), Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPIJ), dan sebagainya.

Dalam acara tersebut, Dubes Heri didampingi ibu Nuning Akhmadi, Wakil Dubes RI Tri Purnajaya, Konjen RI Osaka Diana Soetikno, Kepala Bidang Politik Andi Ardiansyah, Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya Meinarti Fauzie, Kepala Bidang Protokol Konsuler Ali Sucipto, Atase Pendidikan Yusli Wardiatno, Atase Imigrasi Marina Magdalena Harahap, dan Atase Perhubungan Samsul Rizal. (tsr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.