Jepang Adakan Kejuaraan Sushi Dunia pada Maret 2022

Jepang – Bagi masyarakat Jepang, sushi tidak hanya dianggap sebagai suatu hidangan yang memadukan nasi cuka dengan ikah mentah. Namun, sushi juga dinilai sebagai suatu ilmu, keterampilan, dan bentuk seni.
Meskipun banyak orang yang mengaku mahir dalam membuat sushi, tapi cuma hanya beberapa orang yang berhasil diakui sebagai ahli sushi di dunia.

Penobatan ahli sushi dunia ini ditentukan melalui acara Kejuaran Piala Sushi Dunia yang diadakan di Jepang.  

Kompetisi ini sudah diadakan sejak 2016 dengan tujuan untuk mencari ahli sushi terbaik dari seluruh dunia.
Dilansir dari Japan Today, World Sushi Cup Championship dikabarkan akan kembali diadakan secara gratis pada 2 Maret 2022. Tepatnya di ATC Hall, Asia-Pacific Trade Center Osaka, Jepang.
Khusus tahun ini, peserta yang diperbolehkan mengikuti kompetisi hanya  orang yang sedang berada di Jepang.
Hal ini mengingat keadaan pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk menerima peserta dari luar Jepang.
Kompetisi ini dibagi menjadi dua acara yaitu Kompetisi Terbuka Edomae Sushi dan Kompetisi Terbuka Creative Sushi.

Semua peserta akan mengikuti lokakarya berupa demonstrasi pembuatan sushi dari instruktur sushi  dari International Sushi Knowledge Certification Association dan National Federation of Sushi Business Life Hygiene Trade Associations

Semua peserta akan dibekali pengetahuan seputar pengantar bahan dan budaya makanan Jepang, cara menggunakan bahan-bahan Jepang yang benar dan menyiapkan sushi, serta saran menu sushi untuk pemula.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan babak penyisihan, semua peserta diminta untuk mempraktikkan pembuatan sushi seperti yang sudah dipelajari saat lokakarya.
Pada babak penyisihan para juri akan menilai hasil sushi semua peserta, dan nantinya akan dipilih 10 peserta terbaik yang bisa lolos ke babak final.
Kompetisi Terbuka Edomae Sushi ini berlangsung mulai pukul 11.00 sampai 12.30 waktu setempat.

Pada acara ini, 10 peserta yang lolos akan diminta untuk menyiapkan hidangan sushi sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

Semua finalis bebas membuat sushi sekreatif mungkin. Juri tidak hanya menilai dari segi rasa melainkan juga kreativitas, keterampilan, teknik penerapan kebersihan yang benar, dan penampilan sushi.
Waktu yang disediakan untuk babak final ini ialah 40 menit, apabila peserta memerlukan waktu tambahan, maka akan mendapat pengurangan poin.
Kompetisi Terbuka Creative Sushi ini berlangsung mulai pukul 13.30 sampai 15.00 waktu setempat. Sementara, pemenang World Sushi Cup Championship akan diumumkan pada pukul 15.30 waktu setempat.
Apabila kamu sedang berada di Jepang dan tertarik untuk mengikuti kompetisi ini, pendaftaran peserta kejuaraan sushi masih dibuka secara daring. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.