Survei LSJ: Kepuasan Milenial Atas Kinerja Jokowi Turun Jadi 63,2%

Jakarta – Lembaga Survei Jakarta (LSJ) juga merilis hasil survei kepuasan digital natives atau milenial atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil survei itu menunjukkan kepuasan masyarakat, khususnya milenial, atas kinerja Jokowi menurun.
Survei LSJ ini dilakukan pada 15 hingga 28 April 2022 dengan melibatkan 1.225 sampel di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel survei yang diambil yakni masyarakat berusia 15 hingga 34 tahun yang melek internet (digital natives) atau dikategorikan sebagai milenial.
Margin of error survei ini dilaporkan +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.
LSJ menanyakan pendapat kaum milenial terkait kinerja Jokowi dan Ma’ruf Amin. Berdasarkan jawaban para responden, mayoritas generasi digital atau 63,2% responden puas dengan pemerintahan Jokowi.

Puas 63,2%
Tidak puas 30,5%
TT/TJ 6,3%

Meskipun cukup tinggi, namun jika dibandingkan dengan survei LSJ sebelumnya pada Februari 2022 tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi mengalami penurunan. Saat itu, terekam kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi masih sebesar 67,4%.
Survei diselenggarakan pada 18-28 Februari 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Survei melibatkan 1.225 responden dengan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Kemudian, margin of error survei LSJ ini adalah +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka (face to face interview) dengan responden dengan bantuan kuesioner.
Selain survei elektabilitas, LSJ merilis hasil survei kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, mayoritas responden atau 67,4% responden puas terhadap kinerja Jokowi.
Berikut ini hasilnya:

  • Puas/sangat puas 67,4%
  • Tidak/kurang puas 26,8%
  • Tidak tahu/tidak menjawab 2,8%
    “Hasil survei LSJ menunjukkan bahwa mayoritas publik (67,4%) mengaku puas terhadap kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini. Hanya 28,8% yang mengaku tidak atau kurang puas terhadap kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Sedangkan 3,8% menjawab tidak tahu atau tidak dapat memberi tanggapan,” ucap Fetra.
    Hasil survei LSJ ini berbeda dengan yang ditunjukkan pada survei SMRC. Pada survei SMRC disebut kepuasan atas kinerja Jokowi justru meningkat dari semula 65,5% pada April lalu menjadi 76,7% (setelah pembulatan satu digit di belakang koma).

Survei SMRC dilakukan pada 10-12 Mei 2022. Survei ini melibatkan 1.245 responden. Sampel dipilih menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan wawancara melalui telepon. Margin of error diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.
“Mayoritas warga, sebanyak 76,7% warga, mengaku sangat dan cukup puas dengan kerja presiden. Sementara yang menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali sebanyak 20,9%. Ada 2,4% yang tidak menjawab,” kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas melalui keterangan tertulis, Rabu (18/5).

Berikut ini hasil survei kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi versi SMRC:

Sangat puas 10,7%
Cukup puas 65,9%
Kurang puas 18,5%
Tidak puas sama sekali 2,4%
Tidak jawab 2,4%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.