Petani Temanggung Ngeluh soal Impor Bawang Putih, Jokowi Telepon Mendag

TEMANGGUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja di Temanggung, Jawa Tengah, hari ini. Usai menanam bawang merah bersama masyarakat dan petani, Jokowi berdialog dan mendengar curahan hati petani soal impor bawang putih yang membuat harga anjlok.
Petani menilai anjloknya harga terjadi karena masuknya impor bawang putih pada saat panen. Hal ini berujung pada keengganan petani menanam bawang putih. Seketika itu Jokowi langsung menelepon Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

“Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu,” ucap Jokowi kepada Menteri Perdagangan melalui sambungan telepon di tengah dialog bersama petani di sebuah saung, Temanggung, Selasa (14/12/2021).

Turut mendampingi Jokowi dalam dialog tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq.

Dalam sambungan telepon itu, Lutfi merespons keluhan tersebut dan berjanji akan mengirimkan tim untuk mengeceknya.

“Saya akan kirim tim untuk mengecek, Bapak,” jawab Lutfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.