Ma’ruf Cek Borobudur Jelang Libur Lebaran: Tak Ada Seperti Ini di Dunia

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meninjau tempat wisata prioritas kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah. Ma’ruf mengatakan pemerintah melakukan sejumlah penataan sehingga wisatawan bisa menikmati Candi Borobudur.

“Saya mengunjungi destinasi wisata prioritas yang memang disiapkan oleh pemerintah supaya pada saat Hari Raya ini sudah bisa dikunjungi,” kata Ma’ruf seperti dalam rekaman video dari Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (21/4/2022).
“Karena memang sudah 2 tahun masyarakat tidak bisa berkunjung ke tempat wisata ini, ini diperkirakan pengunjungnya akan banyak,” tambahnya.
Ma’ruf mengatakan berbagai fasilitas disiapkan pemerintah untuk menarik wisatawan ke Borobudur. Selain tempat wisata, Ma’ruf menyebut, kawasan Candi Borobudur juga berpotensi mengembangkan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).
“Karena itu, dipersiapkan sedemikian rupa dan dari mulai masuk sampai berbagai fasilitas, ekosistemnya sudah dibangun dengan baik sekali sebagai satu destinasi prioritas, bahkan penataan untuk apa… selain tempat wisata juga tempat pengembangan UMKM juga ditata dengan baik supaya tidak mengganggu tempat wisata. Sehingga semuanya telah berjalan dengan baik,” jelasnya.
Selain itu, Ma’ruf menyebut pemerintah menyiapkan homestay bagi wisatawan di kawasan Candi Borobudur. Sehingga, kata dia, wisatawan mudah mencari tempat penginapan.
“Tadi saya mendengarkan penjelasan, seluruhnya sudah 100 persen kecuali tempat pemindahan para pedagang UMKM, sehingga nanti, mungkin nanti, mungkin dalam waktu dekat sudah bisa tersedia. Sehingga ekosistemnya semuanya bahkan juga tempat menginap, homestay bagi para wisatawan juga sudah ditata sekian banyak homestay yang sudah disiapkan oleh pemerintah,” katanya.
Ma’ruf berharap Candi Borobudur ramai dikunjungi wisatawan pada Lebaran nanti. Ma’ruf lalu memuji lokasi wisata yang ada di wilayah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo itu.

“Kita harapkan pada saat nanti Hari Raya, liburan panjang, masyarakat sudah bisa menikmati destinasi wisata, terutama tentu wisatawan lokal, mungkin juga wisatawan dari luar negeri,” tuturnya.
“Dan ini kebanggaan kita sebagai bangsa, dan tidak ada tempat seperti ini di dunia, kecuali di tempatnya Pak Ganjar ini, he-he-he…, yang punya destinasi yang luar biasa ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.