KPK Terima Lebih Dari 3 Ribu Aduan Dugaan Korupsi, Terbanyak di DKI Jakarta

JAKARTA – KPK mencatat sebanyak 3.708 aduan soal adanya dugaan korupsi, sejak Januari hingga November 2021. Terlihat aduan terbanyak dari DKI Jakarta dan Jawa Barat.
“Kami mencatat sampai dengan 30 November2021, KPK telah menerima sejumlah 3.708 aduan dan telah selesai diverifikasi 3.673 aduan,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Ali mengatakan aduan tersebut diterima di bagian persuratan KPK. Selanjutnya, aduan akan diverifikasi agar diketahui apakah pengaduan tersebut, sesuai dalam ketentuan UU, termasuk dalam ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK atau tidak.

Selanjutnya, Ali menyebut laporan yang terverifikasi itu akan ditindaklanjuti apabila ditemukan unsur pidana. Disebut KPK akan menyampaikannya pada publik.

“KPK menyadari betul bahwa peran serta masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi sangat penting dan dibutuhkan. Terlebih sebagian besar perkara yang ditangani KPK bermula dari laporan Masyarakat,” kata Ali.

KPK merinci, aduan terbanyak berasal dari Provinsi DKI Jakarta yakni sebanyak 471 aduan. Di Jawa Barat tercatat ada 332 aduan.

Sementara, Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam dan Kalimantan Utara menjadi Provinsi dengan jumlah aduan paling sedikit. Sepanjang 2021 ini hanya ada 2 aduan dari Aceh dan 3 aduan dari Kalimantan Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.