Cegah Macet di Puncak, Polisi Imbau Pengendara Tak Menyalip

Bogor – Banyaknya kendaraan yang melambung atau menyalip menjadi salah satu penyebab kemacetan di kawasan Puncak, Bogor. Polisi mengimbau para pengendara tertib dan tidak menyalip kendaraan untuk menghindari kemacetan.
“Jadi tadi macet karena banyaknya kendaraan roda dua (sepeda motor) yang melambung mengambil lajur orang lain,” ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Rabu (4/5/2022).
Iman mengimbau para pengendara bersabar dan tidak menyalip dan melambung, terutama saat kondisi lalu lintas sedang macet.
“Kami mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk tertib, mengikuti petunjuk petugas di lapangan dan tidak melambung, dan hormati pengguna jalan lainnya,” katanya.
Selain itu, Iman mengimbau masyarakat menyiapkan fisik dan kesehatan. Periksa kelaikan kendaraan sebelum berangkat.
“Kami juga mengimbau masyarakat terutama yang berwisata untuk tetap menjaga prokes, memakai masker. Jangan sampai euforia libur Lebaran menjadikan kita abai prokes,” jelasnya.

Jadwal One Way Kamis 5 Mei
Untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan Puncak, Polres Bogor menyiapkan rekayasa lalu lintas, yakni one way. One way pada Kamis (5/5) besok akan diterapkan dari bawah (Jakarta) ke atas dan sebaliknya pada jam-jam tertentu.
“Untuk besok kami akan berlakukan one way arah Puncak dari jam 07.00 WIB,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Rabu (4/5/2022).

Selanjutnya one way dari Puncak ke arah Jakarta diberlakukan pada pukul 13.00 WIB. Durasi one way dari Jakarta ke arah Puncak akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan berikutnya langsung diberlakukan one way dari Cianjur ke arah bawah.

“Prosesnya langsung ganti setelah one way arah Puncak, berikutnya langsung diterapkan one way arah Jakarta,” imbuhnya.
Lebih lanjut Iman mengimbau pengendara tertib berlalu lintas dan mematuhi perintah petugas di lapangan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk tidak melambung saat berkendara sehingga akan menghambat kelancaran arus lalu lintas,” tuturnya.
Sebelumnya, arus lalu lintas (lalin) di Jalan Raya Puncak arah Jakarta macet malam ini. Kendaraan tampak menumpuk di Kawasan Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Pantauan, Rabu (4/5/2022) pukul 19.00 WIB, polisi saat ini masih memberlakukan sistem one way di Jalan Raya Puncak dengan prioritas kendaraan menuju Jakarta. Namun, kemacetan terjadi di beberapa titik.
Salah satunya di Pasar Cisarua. Banyaknya lalu-lalang penyeberang jalan, baik orang maupun kendaraan, membuat arus kendaraan terhambat. Buntut kemacetan mencapai sekitar 3 km hingga kawasan Tugu Utara.
Titik kemacetan lain terjadi di sekitar Desa Kopo, Kecamatan Cisarua. Di titik ini, banyak kendaraan roda empat yang mencoba melawan arah. Akibatnya, kemacetan tidak terhindarkan.

Mobil-mobil yang nekat melawan arah ini merupakan mobil yang tertahan di jalur alternatif menuju Ciawi via Lembah Nyiur. Pengendara mengira one way akan selesai pukul 19.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.